Ketika Demam Game Online Melanda Diri Ini

01.01 Unknown 13 Comments

GAMING

Game.. adalah suatu hal yang sangat menyenangkan bagi gue, bagi semua orang juga pastinya. Game adalah satu-satunya penghibur disaat gue stress, frustasi, dan boring. Tapi, kadang game malah nambah gue frustasi, karena apa? Karena gue kalah, GAME OVER!

Akhir-akhir ini, gue lagi demam game. Iya, gue sampe lupa ngurus blog gue yang kurang gizi ini, akibat game. Sebenernya gue punya komputer sih, tapi kompi lama. Drive c nya penuh dan pastinya gak bisa buat install game online kayak Point Blank, Lost Saga, AyoDance dan game online lainnya. Maklum lah ya, kompi gue itu kompi lama yang udah ada sejak gue lahir, gak bakal kuat untuk game begituan. Maka dari itu, gue bela belain ke warnet hanya untuk main game.

Iya, gue lagi suka banget main Modoo Marble, game online yang latar permainannya kayak monopoli gitu. Pada tau kan? Gak tau yaudah. Grafis nya keren, fiturnya lengkap, dan pastinya keren deh! btw, modoo marble ini buatan orang Indonesia lho! Oke, gue gak bakal bahas game ini.

Tiap hari gue ke warnet, pake duit jajan yang gue sisihkan. Kadang gue bela-belain gak jajan demi game! Iya, demi game. Game itu menyenangkan banget! Iya, its fun. Tapi, gue baru sadar sih kalo game itu punya dampak positif serta dampak negatif.

Dampak Positif Game Online Bagi Gue : 

1. Hiburan. Jelas ya... Game itu menghibur banget. Kalo lagi bete, main game adalah solusi terbaik sih.

2. Lebih Cermat Dalam Mengambil Tindakan. Iya, main game itu bisa melatih gue untuk lebih cermat dalam mengambil tindakan. Misalnya gue main game fighting, pastinya gue harus cermat kan biar karakter yang gue mainin gak mati. Terkadang, situasi dalam game dengan situasi kehidupan bisa berhubungan. Ngerti gak? Hahaha gue sok bijak gini ._.

3. Ajang Untuk Menambah Teman. Namanya game online, pastinya berhubungan lah dengan para user lainnya. Gue sih sering dapet temen baru berkat main game online.

Dan, gue baru sadar kalo ternyata game online itu punya dampak negatif yang cukup merugikan. Absurdnya, gue baru sadari itu. Anjrit.

Dampak Negatif yang Baru Gue Sadari 

1. Lupa Waktu. Bener banget. Main game selalu bikin gue lupa waktu. Makan lupa, minum lupa, dan akhirnya di opname. Tololnya nilai gue merosot, karna lupa belajar.

2. Boros. Iya, memang bener. Pemborosan ini berlaku banget bagi gue yang main nya di warnet. Ya, kalo untuk gamer yang udah bisa cari duit sendiri sih, masih bukan masalah yang serius. Tapi, kalo duit nya dari orang tua, boros banget kan? Terlebih gue ini masih belum cari duit sendiri. Sebelumnya sih gue udah sadar kalo ini boros, malah dari dulu. Tapi, lu tau lah... Game itu kalo lagi seru-seru nya, abis duit pun gak masalah.

3. Lupa Kewajiban. Menurut gue, kebanyakan gamer itu pelajar... Betul? Iya, pelajar yang seharusnya berkewajiban untuk belajar. Dan gue sebagai pelajar merasa bersalah, karena lupa sama kewajiban belajar yang bener-bener mempengaruhi terbentuknya masa depan gue nanti. Kewajiban gue yang lain adalah Solat. Dan gue sebagai orang muslim, lupa ibadah dan mendekatkan diri kepada Tuhan YME.

Kalo diliat dari segi positifnya sih, gue yakin semua gamer pasti bakalan jadi kreatif, cermat, dan pandai mengatur strategi. Tapi kalo gue liat dari segi negatif nya, gue merasa rugi, rugi banget. Karena apa? Gue jadi lupa waktu, boros, dan lupa kewajiban gue sebagai pelajar dan muslim yang ganteng dan bersahaja.

Dari situ, gue berhenti jadi seorang gamer yang tidak bersahaja dan buruk rupa ini. Gue langsung minum obat demam game. Emangnya ada? Ada. Obat demam game adalah Kesadaran. Sadar kalo main game secara berlebihan itu merugikan banget. Iya, binggow.

Emang susah sih move on dari game, bahkan lebih susah daripada move on sama pacar. Tapi, gue udah bilang, Kesadaran adalah cara paling manjur untuk move on (dari game). Jadi, untuk lo yang lagi demam game, mending minum obat yang tadi udah gue kasih tau. Mungkin susah ya, tapi inget kalo game itu bukan segalanya, dan gak selamanya buat kita tersenyum.

Dan.. Ketika Demam Game Online Melanda Diri Ini yg Ganteng, yang bisa gue lakuin cuma main dan akhirnya sadar kalau main game berlebihan itu gak baik, terlebih kalo gue udah gak ada duit lagi, biasanya langsung sadar dan menyesal. Hahaha...

13 komentar:

  1. mending lo sisihin buat beli laptop / komputer yang drive c nya gede, biar bisa ngisi game online :)

    BalasHapus
  2. kalo game online udah melekat mah yang laen lewat, serasa punya dunia sendiri, mungkin berentinya kalo udah pusing mata, istirahat sebentar langsung maen lagi,,, *pengalaman -_- hhe

    BalasHapus
  3. itulah kenapa Nguyen yang buat flapy bird menghapus game yang dia buat, tujuan game yang dia buat cuman buat skedar mengisi waktu kosong ketika nggak ada sms atau notif e-mail sana-sini, tapi belakangan banyak berita yang berkesan game itu bikin setres sampai ada yang mau bunuh diri... yang terakhir yang paling absurd.

    sesuatu yang berlebih emang nggak baik sih.. :) gue juga gitu dulu tapi udah nggak skarang mah

    BalasHapus
  4. Maen game online mah gak enak di rumah, mending di warnet, lebih rame hhehehe

    Maen ayodance bro? Emang masih musim ya? Hehehehe

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah gue gak kecanduan main game online. Gue juga gak suka ke warnet yang juga merambah tempat game online. Ribut.

    Setelah lo sadar, jangan sampe terulang lagi. apalagi ketika lo ada duit.

    BalasHapus
  6. Syukurlah akhirnya kamu sadar. Hidup juga harus seimbang 'kan. Enggak harus selalu main game biar bisa dibilang gaul. Semoga bisa kembali berkarya dan berprestasi deh kamu. Gamenya bisa waktu istirahat saja beberapa jam, enggak nonstop.:)

    BalasHapus
  7. yup, game itu emang dua sisi, bisa jadi baik, bisa jadi dampak buruk...
    yang penting bisa menyeimbangakn dan nggak berlebihan aja kalo main game..hahaha

    BalasHapus
  8. segala sesuatu pasti ada manfaat dan mudharatnya. yang banyak manfaatnya diambil yang banyak mudharatnya tinggalkan. mendingan uangnya dipake nabung jg biar bisa beli pc/laptop jdinya kan ga perlu bolak balik warnet.

    BalasHapus
  9. Duuuuhhh ini kalau bahas ngegame saya jadi ingat mantan :( #Eh... ia bener banget tuh... game bisa bikin lupa waktu... si dia klu sudah main game benar2 bs sampe seharian dari pagi sampe senja nongkrong di kampus hanya biar bs main game online dengan memanfaatkan wifi gratis hahaha... tp yah sprt kmu bilang di atas... selain ada negatifnya game jg punya sisi positif... setidaknya bisa jd hiburan menyenangkan tp tetap sj kalau terlalu berlebihan itu gak baik:)

    BalasHapus
  10. ahh, game juga bisa buat ajang cari pacar, misal kayak game Audition Dance itu,,,kita bisa in relationship, dance kupelan bahkan sampai nikah juga bisyaaa...emang sih game seru..cuman ya gitu..kalo udah terjebak dalam rutinitas game jadi nggak produktif karena kerjaannya nggak siang nggak malam cuma ngegame doang

    BalasHapus
  11. saya gak berani deket2 sama game deh takut ketagihan game online lagi hehehe :D

    nice share !

    BalasHapus
  12. Dampak negatif lainnya: bikin ketagihan.. :D
    heheSoalnya ponakanku yg hobi game online kayak gitu..

    BalasHapus
  13. Yah.. emang sih. Bener banget. Gue dulu juga yang salah satunya adalah gamer. Tapi gak sampe fanatik banget, sih. soalnya kalo udah ketagihan main game, gue akan main terus main terus main terus. Akhirnya bosen dan gak main-main lagi. Jadi gak lama-lama banget hehe..

    Makanya kalo main game milih-milih, jangan main game online. Main game yang offline aja. Yang gak pake duit :P wkwkwkwk

    BalasHapus